Sinergi Nilai Spiritual Dan Dukungan Psikologis, Studi Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Kesehatan Mental Mahasiswa

Authors

  • Ovi Soviya Teknik Alat Berat, Akademi Komunitas Olat Maras Sumbawa
  • Lina Eta Safitri Kesehatan Masyarakat, Stikes Griya Husada Sumbawa

Keywords:

Kesehatan mental, Mahasiswa, Pendidikan Agama Islam, STIKes Griya Husada Sumbawa, Ketahanan Mental

Abstract

Tekanan dan tuntutan lingkungan akademik dapat memengaruhi kesehatan mental mahasiswa, termasuk di STIKES Griya Husada Sumbawa. Pentingnya peran pendidikan agama Islam dalam mendukung kesehatan mental mahasiswa menjadi fokus utama. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor pendukung kesehatan mental, khususnya peran pendidikan agama Islam. Menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini melibatkan 30 mahasiswa dari program studi Kesehatan Masyarakat, Keperawatan, dan Kebidanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa yang aktif dalam kegiatan keagamaan memiliki tingkat stres yang lebih rendah dan dukungan sosial yang lebih baik. Pendidikan agama Islam berfungsi sebagai faktor pelindung yang meningkatkan ketahanan mental mahasiswa. Temuan ini menekankan pentingnya integrasi pendidikan agama dengan program kesehatan mental di kampus untuk menciptakan lingkungan akademik yang mendukung kesejahteraan mahasiswa

References

Al Mansyur, Y., & Salim, H. (2017). Peran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam menjaga kesehatan mental siswa di SMP Negeri 2 Wonogiri.

Anivitariany Aqilah, S., Puspa Seruni, F., Naufal, M., Bimbingan Penyuluhan Islam, P., & Dakwah dan Ilmu Komunikasi, F. (2023). Peran konseling agama Islam terhadap kesehatan mental pada mahasiswa tingkat akhir. Retrieved from https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/taujih

Attamimi, H. R., Lestari, Y., Ernawati, E., & Aziz, A. (2023). Evaluation of the school public health program in 61 middle schools in Sumbawa Regency. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(10), 8950–8955. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i10.4805

Buku Perguruan Tinggi Rajagrafindo Persada Depok, Metodologi Penelitian Kualitatif, D. P., Penyunting, B., & Kholifah Wayan Suyadnya, S. I. (2018). Metodologi penelitian kualitatif: Pengalaman dari lapang. Rajawali Pers. Retrieved from www.rajagrafindo.co.id

Fajrussalam, H., Hasanah, I. A., Asri, N. O. A., & Anaureta, N. A. (2022). Peran agama Islam dalam pengaruh kesehatan mental mahasiswa. Al-Fikri: Jurnal Studi dan Penelitian Pendidikan Islam, 5(1), 22–33. https://doi.org/10.30659/jspi.v5i1.21041

Jannah, M., Nufus, H., Studi Administrasi Kesehatan, P., Mbojo Bima, U., & Griya Husada Sumbawa, S. (2024). Pengetahuan dan sikap mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Griya Husada Sumbawa terhadap HIV/AIDS. Jurnal Kesehatan Tambusai, 5(2).

Juli-Desember, E., Anggraeni, D., & Rahman, M. S. (2024). Peran agama dalam kesehatan mental mahasiswa. JIPKM: Jurnal Ilmiah Psikologi dan Kesehatan Masyarakat, 1(3). Retrieved from https://jipkm.com/index.php/jipkm

Maghfiroh, H., Sahara, E., & Wahyuni, E. S. (2024). Transformasi kesehatan mental remaja melalui pendidikan agama Islam di era global. Social Science Academic, 2(2), 129–142. https://doi.org/10.37680/ssa.v2i2.5796

Putra, H., Gustia Kesuma, E., Umroh, R., & Mujahadah Pratiwi, J. S. (2022). Pencegahan penyalahgunaan narkoba bagi siswa/i SMK Farmasi di Kabupaten Sumbawa: Prevention of drugs abuse for students of pharmaceutical vocational school in Sumbawa District. Kreatif: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3). Retrieved from https://journal.amikveteran.ac.id/index.php/kreatif

Septiani Sari, I., Syaumi Rizki, T., & Zaki Mubarok, M. (2023). Peran agama Islam terhadap pengaruh kesehatan mental pada mahasiswa UIN Jakarta. Jurnal Salome: Multidisipliner Keilmuan, 1(5), 436–446.

Suryani Situmeang, E., Bandar Selamat, P., Bandar Selamat, P., Aek Songsongan, K., Asahan, K., & Utara, S. (2024). Peran pendidikan agama Islam dalam membentuk kesehatan mental siswa, 2(3), 393–400.

Published

25-06-2025